Satpolpp.bone.go.id- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone melaksanakan kegiatan Upacara Penutupan dan Pembaretan Anggota baru yang di pusatkan di Diklatpur Pantai Tete, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone pada hari Minggu, 09/02/2020.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dimulai jumat sampai minggu yang dilaksanakan di Pantai Tete kec. Tonra dengan diikuti sebanyak  96 anggota baru  yang terdiri dari 86 orang laki-laki dan 10 perempuan. Kegiatan ini juga sebagai  budaya dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone dalam rangkah pembaretan sekaligus menandai penutupan pembekalan atau pelatihan, dimana total pelaksanaan pelatihan dan pembelakan anggota baru sudah dilaksanakan secara berkala yang dimulai pada bulan Oktober s/d Februari 2020.

Hal unik yang menandai pembaretan kali ini adalah Upacara Penutupan dilaksanakan di laut Pantai Tete Kecamatan Tonra Kabupaten Bone sehingga cukup menarik perhatian pengunjung dan warga yang datang di Pantai Tete. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone (Kasatpol PP), Bapak A. Akbar, S.Pd,. M.Pd. Pada Sambutan sebagai Pembina Upacara, Kasatpol PP Kab. Bone memberikan arahan supaya pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan anggota, memiliki fisik yang prima , meningkatkan solidaritas dan kekompakan sesama anggota serta menumbuhkan jiwa korsa kepada semua anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone.

Pelaksanaan Upacara Penutupan dan Pembaretan Anggota Satpol PP Kab. Bone

Penekanan Jiwa korsa merupakan hal utama yang selalu ditekankan kepada semua peserta pelatihan dan pembekalan ini. Dimana kesadaran dalam menjiwai  kesatuan, kecintaan terhadap jiwa sebagai Pamong Praja. Dengan jiwa korsa,dapat meningkatkan rasa hormat sesama anggota, setia kepada janji dan tradisi bersama, maka tentu akan mejadi kebanggan sebagai anggota Satuan Polisi Pamong Praja.

Konsep jiwa korsa atau esprit de corps yang diperkenalkan oleh Napoleon Bonaporte  bahwasanya anggota satu unit harus saling setia, bahu-membahu dalam melaksanakan tugas. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan atau tugas-tugas Satpol PP dalam hal penegakan Peraturan Daerah dan (Perda) atau Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dapat lebih maksimal. Begitu juga dalam hal, menjaga ketentraman dan ketertiban umum dan masyrakata dapat dilaksanakan dengan menjiwai perintah tugas yang dibebankan kepada semua anggota Satuan Polisi Pamong Praja  Kabupaten Bone.

Prosesi pembaretan Anggota Baru Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, juga menegaskan bahwa  pelatihan mental dan fisik ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Ke depan diharapkan bisa menambah bentuk latihan terhadap Satpol PP seperti latihan rohani agar tidak hanya memiliki karakter mental dan fisik saja akan tetapi juga memiliki sikap yang santun dan bersahabat agar tidak arogan dalam menegakkan Perda. Karena Penegakan Perda dan Perkada memerlukan pendekatan yang humanis, Tegas dan tetap Berwibawa.

Hadir pada kegiatan Penutupan dan Pembaretan Anggota Baru Satpol PP, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat, Bapak A. Baharuddin, S.Ip., M. Si., Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat, bapak Muhammad Irfan Yunus, S. STP, Kepala Seksi lingkup Satpol PP, Kepala Unit Dalmas, Kepala Unit PTI, dan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja.

Pembaretan oleh Kasatpol PP Kab. BOne, Bapak A. Akbar, S.Pd., M.Pd

 

BAGIKAN